sett

January 9, 2011

tips migrasi ke linux

1. Biasakan diri terlebih dahulu dengan software-software open source di Windows, seperti Open Office, Dia, Gimp, dan lain-lain.

2. Pilih distro linux yang tepat dan sesuai kebutuhan, saat ini ada ratusan jenis distro linux mulai dari yang dikhususkan untuk pemula hingga yang udah berpengalaman. Ada baiknya menggunakan distro Ubuntu karena distro ini paling banyak digunakan oleh pengguna laptop/netbook/komputer diseluruh dunia. Atau gunakan saja distro turunan Ubuntu yang udah out-of-the-box seperti Ultimate Edition, BlankOn, Linux Mint, Super OS, atau Pinguy OS

3. Coba distro dengan cara Live CD/DVD/USB. Live CD/DVD/USB adalah cara untuk booting distro melalui CD/DVD/flashdisk dan menjalankannya tanpa melakukan instalasi terlebih dahulu di komputer, cara ini selain bermanfaat untuk mengenal lingkungan yang baru tanpa mengubah isi harddisk (wendao) juga untuk mengecek apakah semua hardware anda sudah dikenali oleh distro tsb.

4. Jika mengalami masalah atau ada yang ingin ditanyakan jangan malu2 untuk googling (:p) atau bertanya di komunitas dan forum distro-distro linux di internet. Pokoknya jangan menyerah deh :


0 komentar:

Post a Comment